Waspada Makanan Mengandung Borax

Oleh dr. Sidharta Krisna pada 14/8/2012

Mie dan bakso merupakan salah satu makanan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Rasa gurihnya ditambah dengan kuah yang hangat tentu saja akan membuat lidah kita bergoyang. Tapi sebaiknya anda meningkatkan kewaspadaan anda jika menyantp makanan yang anda beli dari penjual mie dan bakso. Karena bisa jadi mie dan bakso tersebut dalam pembuatannya dicampur dengan borax.

 Borax adalah senyawa kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh, dan tidak diperkenankan tubuh kita untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sekecil apapun. Bahan kimia ini biasa digunakan para pedagang untuk campuran mie dan bakso agar mie dan bakso menjadi lebih kenyal dan awet. Mengkonsumsi borax akan mengakibatkan berkurangnya nafsu makan, gangguan pencernaan, penurunan intelegensi dan jika dikonsumsi dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kanker.

Tapi dengan banyaknya penjual mie dan bakso yang menggunakan borax untuk jualannya, bukan berarti anda tidak boleh membeli mie dan bakso di pedagang. Yang harus anda lakukan adalah anda harus bisa membedakan mie dan bakso yang mengandung borax atau tidak. Berikut beberapa cirri-ciri makanan yang sudah dicampur borax:

  1. Kenyal. Makanan yang mengandung borax cenderung lebih kenyal dan lebih sulit untuk di gigit. Pada mie yang mengandung borax akan sulit untuk putus.
  2. Awet. Mie dan bakso yang mengandung borax akan tahan lama, bahkan bisa sampai berminggu-minggu. Bakso dan mie yang mengandung borax tidak akan disukai oleh serangga seperti semut dll.
  3. Mengkilat. Pada makanan yang mengandung borax, teksturenya akan lebih mengkilat. Dan terlihat rapi.

Berikut tips tentang makanan yang mengandung borax, semoga bermanfaat.

 

Peraturan penggunaan

Penggunaan informasi yang tertera di website atau aplikasi SPOTDOKTER mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.